Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi)
Vol 7 No 2 (2021): SEPTEMBER 2021

The Semiotics Analysis in Delivering Message How to Prevent Covid-19 on Grab Advertisement

Alika Sandra Puspita S. (Telkom University)
Idola Perdini Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2021

Abstract

Virus corona tiba-tiba menyerang dunia pada awal tahun 2020 di Guangzhou, China. Hingga saat ini virus ini masih menyebar dimana-mana, menuntut setiap orang untuk lebih menjaga keselamatan dan kesehatan. Sejalan dengan situasi saat ini, Grab sebagai salah satu e-commerce yang banyak digunakan di Indonesia membuat iklan digital dengan menggunakan platform YouTube bertema Covid-19 dengan judul, “Armada Higienis GrabKitchen Siap Jaga Kebersihan Pesananmu!”. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap penyampaian pesan pencegahan Covid-19 yang terdapat pada iklan Grab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan analisis semiotika Ferdinand De Saussure dalam menyampaikan pesan yang terdapat pada iklan. Analisis semiotika Ferdinand De Saussure menggunakan konsep signifier, signified, dan signification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan “Armada Higienis GrabKitchen Siap Jaga Kebersihan Pesananmu!” merepresentasikan pesan bagaimana cara mencegah Covid-19. Yaitu selalu memakai masker, rutin mencuci tangan, dan menjaga kebersihan lingkungan. Penelitian ini juga menunjukkan cara mencegah penyebaran virus corona dengan tepat. Kata Kunci: iklan digital, covid-19, semiotika, Ferdinand De Saussure

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

liski

Publisher

Subject

Education

Description

The Journal of Communication Studies Peripheries (LISKI) has a philosophy of advancing communication studies through the dissemination of knowledge transferred by the journal. At the beginning of its formation, LISKI was a discussion-group activity initiated by the lecturers of communication studies ...