Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2021)

Model Pembelajaran ISSETCM2: Pengaruhnya Terhadap Penalaran Matematis dan Multiple Intelligences Siswa

Nur Sa’adah (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia)
Suherman Suherman (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia)
Mujib Mujib (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia)
Mardiyah Mardiyah (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia)
Komarudin Komarudin (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Integrating Society, Science, Environment, Technology, and Collaborative Mind Mapping (ISSETCM2) dan multiple intelligences siswa terhadap penalaran matematis. Quasi eksperimental design adalah jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian kuantitatif dengan desain post-test only control. Teknik sampling dilakukan secara acak (random sampling). Teknik pengumpulan data berupa soal tes uraian kemampuan penalaran matematis pada materi statistika dan angket multiple intelligences. Uji hipotesis dengan ANAVA dua jalan dengan taraf siginfikan . Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran ISSETCM2 terhadap kemampuan penalaran matematis, tidak terdapat pengaruh multiple intelligences siswa terhadap kemampuan penalaran matematis, dan tidak terdapat interaksi model pembelajaran ISSETCM2 dan multiple intelligences siswa terhadap kemampuan penalaran matematis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Laplace

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

"LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika" is intended to disseminate the results of research on Mathematics Education as one form of publication of Tri Darma Perguruan Tinggi which has been made by Lecturers, Teachers, Alumni and Experts. This journal encompasses original research articles, review ...