Salah satu aspek terpenting dalam proses pembelajaran adalah evaluasi hasil belajar. Melalui evaluasi hasil belajar keberhasilan proses pembelajaran yang telah dilakukan dapat diketahui. Evaluasi hasil belajar juga dapat digunakan untuk mengukur kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses evaluasi yang dilakukan guru dalam pembelajaran jarak jau di era pandemi. Penelitian didesain dalam bentuk penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tahapan penelitian terdiri dari pengumpulan data, analisis, dan pengambilan kesimpulan. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Analisis data bersifat induktif yang didasarkan pada temuan di lapangan kemudian dikonstruksikan menjadi hipotesis. Keabsahan temuan dilakukan dengan metode komparasi. Hasil penelitian menemukan bahwa bentuk evaluasi yang dilakukan guru adalah tes dari rumah (TDR). Guru menyerahkan lembar soal untuk dikerjakan siswa di rumah masing-masing. Guru merasa kesulitan dalam memonitoring pelaksanaan tes dari rumah. Hasil belajar siswa tidak dapat diukur dengan pasti karena tidak ada pengawasan dalam pelaksanaan evaluasi. Ada dugaan hasil belajar siswa tidak mencerminkan kemampuan siswa yang sesungguhnya. Dengan model evaluasi semacam ini kualitas pendidikan juga tidak dapat diukur dengan jelas, oleh karena itu perlu adanya pengembangan model evaluasi yang baku untuk diterapkan dalam pembelajaran jarak jarak jauh di era pandemi. Selain itu para guru diharapkan mampu memanfaatkan teknologi untuk memudahkan evaluasi hasil belajar.
Copyrights © 2021