CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif)
Vol 4, No 5 (2021): Volume 4 Nomor 5, September 2021

PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN

Wahyuni, Nunung (Unknown)
Sirodjudin, Muhammad Kosim (Unknown)
Komala, Komala (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2021

Abstract

The purpose of this research is to describe the role of teachers in developing the independence of children aged 5-6 years. The research method used is a literature study using secondary data. The data sources used are relevant sources from research that has been done previously in the form of theses, scientific papers, and books related to the title of this scientific work. In making the planning the teacher races on the candy and the curriculum that has been determined by the educational institution. The method used by the teacher in developing children’s independence is not only one method, but two or more suitable methods that are combined. The teacher also provides media that will be used during the implementation of learning activities as means of conveying learning messages to children so that they are easier for children to accept. The teacher also conducts evaluations during the learning process and at the end of learning activities. There are obstacles that teachers encounter in developing children's independence when they first enter school because they have to meet new people and have to interact with new environments.Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru dalam pengembangan kemandirian anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literaturedengan menggunakan data sekunder. Sumber data yang digunakan berupa sumber-sumber yang relevan dari penelitian yang telah dilakukan terdahulu berupa hasil skripsi, karya ilmiah dan buku-buku yang berkaitan dengan judul karya ilmiah ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan serta analisis  data yang digunakan oleh peneliti berupa analisis anotasi bibliografi yang berupa kesimpulan dari berbagai sumber yang peneliti baca. Dalam pembuatan perencanaan pengembangan kemandirian guru berpacu pada permen dan kurikulum yang sudah di tentukan oleh lembaga pendidikan tersebut. Metode yang digunakan guru dalam pengembangan kemandirian anak tidak hanya satu metode, akan tetapi dua atau beberapa metode yang dapat disesuaikan dandikombinasikan. Guru juga menyediakan media yang akan digunakan pada saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran sebagai sarana penyampaian pesan pembelajaran kepada anak agar lebih mudah diterima oleh anak. Guru juga melakukan evaluasi pada saat proses pembelajaran berlangsung dan di akhir kegiatan pembelajaran. Adapun hambatan yang ditemui guru dalam pengembangan kemandirian anak ada pada saat anak baru pertama kali masuk sekolah, karena ia harus menemui orang-orang baru dan harus berinteraksi dengan lingkungan baru.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ceria

Publisher

Subject

Education

Description

Ceria Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and Preschool Education study program of IKIP Siliwangi on current science issues, namely: -Teacher of Early Childhood Education Programs. -Observers and Researchers of Early Childhood Education Programs. -Educational ...