Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar)
Vol. 4 No. 2: Juli 2021

Efektivitas Pemanfaatan Media Miniatur untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Muhammadiyah Bantul Kota

Sri Octa Viyani (Universitas Ahmad Dahlan)
Lovandri Dwanda Putra (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2021

Abstract

Pada kegiatan belajar siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep materi sehingga berimbas pada penurunan motivasi dan hasil belajar siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, guru dapat memanfaatkan media belajar. Dilakukannya penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Experimental Design, untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan media miniatur terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Subjek penelitian ini siswa kelas V SD, didapatkan 2 kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan teknik Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan media miniatur dan dilaksanakan selama tiga siklus. Pengumpulan data dari hasil Pre-Test dan Post-Test, lembar observasi serta lembar angket motivasi belajar. Pada penelitian ini, melakukan uji Normalized gain atau N-gain score untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan media miniatur untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Didapatkan nilai rata-rata N-gain Score kelas eksperimen yakni 65,58% termasuk dalam kategori efektif. Dengan nilai N-gain Score minimal yakni 25% dan maksimal 100%. Sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata N-gain Score yakni 21,38% termasuk dalam kategori tidak efektif. Dengan nilai minimal -25% dan maksimal 55%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media miniatur efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD Muhammadiyah Bantul Kota.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fundadikdas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar (Fundikdas) mengakomodasi penerbitan artikel ilmiah hasil tugas akhir di bidang pendidikan dasar yang berasal dari mahasiswa dan alumni PGSD FKIP UAD. FUNDIKDAS ini diterbitkan sebanyak 3 volume dalam setahun. Jurnal FUNDIKDAS dikelola atas kerjasama Prodi PGSD ...