Khazanah Pendidikan
Vol 15, No 2: September 2021

PEMBERDAYAAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MELALUI MULTIMEDIA BERBASIS AUTOPLAY

Dwi Candra Setiawan (Program Studi Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang)
Meirina Dwita Setyowati (SMP Islam Purwosari)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2022

Abstract

Tuntutan era industri 4.0 dengan perkembangan teknologi informasi di segala bidang perlu diperhatikan secara khusus. Pemanfaatan teknologi untuk memenuhi bermacam- macam kebutuhan hidup mengembangkan teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan di seluruh aspek kehidupan termasuk dalam dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberdayakan pemahaman konsep siswa melalui pemanfaatan multimedia berbasis autoplay. Jenis penelitian ini merupakan penelitian PTK dengan dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Penelitian ini akan dilaksanakan di SMP Islam Purwosari. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IX berjumlah 26. Disimpulkan dari hasil penelitian bahwa terdapat pemberdayaan pemahaman konsep siswa dengan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 1,15%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

khazanah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Khazanah Pendidikan menerbitkan hasil penelitian, pemikiran, dan kajian ilmiah atau kajian kritis-analitis di bidang pendidikan yang memberikan sumbangan pada pemahaman, pengembangan teori serta aplikasinya terhadap kondisi pendidikan di Indonesia baik dalam skala nasional maupun ...