Kendaraan sepeda motor bensin merupakan salah satu kendaraan yang paling banyak di minati karena kepraktisan dalam penggunaannya, hal tersebut menyebabkan populasi sepeda motor yang bertambah dan secara otomatis polusi udara juga bertambah. Sepeda motor yang irit dengan peforma yang tinggi menjadi salah satu keinginan seorang konsumen, tetapi kendaraan yang irit juga mempengaruhi peforma mesin. Populasi kendaraan yang tinggi dan juga usaha untuk meningkatkan peforma mesin mendorong peneliti untuk melakukan eksperimen yang merupakan salah satu usaha untuk mengurangi polusi yang disebabkan oleh emisi gas buang dan juga untuk memaksimalkan peforma mesin salah satunya adalah penggunaan Hydrocarbon Crack System yang divariasikan dengan jenis busi pada sepeda motor 4 tak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan jenis Deskriptif. Tujuan Penelitian ini adalah 1). Mengetahui pengaruh penggunaan Hydrocarbon Crack System dengan variasi jenis busi terhadap peforma mesin pada sepeda motor 4 tak 150 cc. dan 2). Mengetahui pengaruh penggunaan Hydrocarbon Crack System dengan variasi jenis busi terhadap emisi gas buang pada sepeda motor 4 tak 150 cc. Hasil penelitian ini adalah : 1). Terdapat pengaruh pada pengujian torsi menghasilkan torsi tertinggi pada penggunaan HCS dengan busi iridium sebesar 25,5 %. Pengujian daya tertinggi pada penggunaan HCS dengan busi iridium sebesar 14,7 %. Penurunan konsumsi bahan bakar (Sfc) HCS dengan busi iridium sebesar 33,3 %. 2). Terdapat pengaruh pada pengujian emisi gas buang, menunjukkan penurunan, kenaikan dan masih memenuhi pengujian emisi gas buang. Kata Kunci : Hydrocarbon Crack System, Variasi jenis busi, Performa dan emisi gas buang
Copyrights © 2021