Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran, termasuk pembelajaran bahasa. Permasalahan siswa dalam mempelajari bahasa Arab adalah siswa masih membutuhkan waktu lama untuk mempelajari dan menerapkan bahasa Arab. Model pembelajaran kontekstual (contekstual teaching and learning) hadir pada zaman ini dengan tujuan membantu siswa memahami makna materi ajar dan mengaitkannya dengan konteks kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah membahas secara mendalam teori strategi pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran bahasa Arab.  Sumber data dalam penelitian ini adalah berbagai literatur buku, jurnal, karya ilmiah, dan juga dokumen-dokumen lain baik dalam bentuk fisik maupun digital yang mengkaji terkait strategi kontekstual. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data menurut Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman yang terdiri atas 4 tahap yaitu koleksi data, reduksi data, display data, dan kesimpulan.Kata kunci: Model pembelajaran, kontekstual, pembelajaran bahasa Arab
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021