Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab
No 7 (2021): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VII

PROFIL BUKU AJAR KEMAHIRAN BERBICARA ARAB (MUHADATSAH) UNTUK SANTRI YAYASAN TAHFIDZ SULAIMANIYAH TURKI DI INDONESIA

Laily Maziyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2021

Abstract

Selain dibina langsung oleh para fasilitator yang berasal dari Turki, pembelajaran bahasa Arab untuk para santri Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah (YTS) di Indonesia juga menggunakan buku ajar khusus dengan bahasa Turki sebagai bahasa pengantarnya. Buku yang dimaksud adalah buku ajar kemahiran berbicara Arab (muhadatsah/Praktik Arapça) yang terdiri atas 5 jilid. Dua jilid diajarkan selama pembelajaran di Indonesia, sedangkan sisanya yang berjumlah tiga jilid diajarkan di Turki saat santri telah menyelesaikan hafalannya secara keseluruhan tiga puluh juz al-Quran. Dua buku yang diajarkan tersebut adalah jilid satu (Birinci Kitap/al-Kitab al-Awwal) dan jilid dua (İkinci Kitap/al-Kitab al-Tsany). Secara umum, tampilan fisik buku dicetak berwarna dan bergambar pada kertas B5 yang memiliki background gambar dan tulisan penerbit; jenis font yang digunakan adalah Traditional Arabic berukuran 18 dan 22 untuk isi dan berukuran 26 untuk judul; semua teks tulis yang disajikan menggunakan bahasa Arab fusha/baku dan berharakat lengkap. Sedangkan isi buku berupa sajian kosakata (mufradat) beserta artinya dalam bahasa Turki atau kosakata dan gambar ilustrasinya, contoh-contoh kalimat (2-7 kata), alinea (5-7 kalimat) dan teks dialog/hiwar, latihan-latihan berbasis tulisan, kaidah nahwu sharaf yang dilengkapi dengan tabel-tabel dan gambar-gambar berwarna serta contoh-contoh aplikasinya yang dicetak dengan font tebal, serta kamus Arab-Turki di akhir halaman buku. Masing-masing memiliki karakteristik berbeda jika dilihat dari sisi konten. Hasil analisis buku menunjukkan bahwa jilid pertama tampak didominasi pengenalan kosakata dan ungkapan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sementara pada jilid kedua tampak perhatian yang besar terhadap kaidah bahasa Arab, utamanya sharaf/morfologi bahasa Arab. Makalah ini berupaya mendeskripsikan profil kedua buku tersebut.Kata Kunci: buku ajar, kemahiran berbicara, bahasa Arab, Turki.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

konasbara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Konferensi Nasional Bahasa Arab tahunan JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG Tema : Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia Sub Tema : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab MetodePembelajaran Bahasa Arab Media Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum ...