PRISMATIKA: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika
Vol 4 No 1 (2021): Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED PROBLEM PADA MATERI BANGUN RUANG

Kenys Fadhilah Zamzam (IKIP Budi Utomo Malang)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2021

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk melihat pengembangan multimedia interaktif berbasis macromedia flash menggunakan pendekatan open ended problem pada materi bangun ruang dengan. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian dan pengembangan menggunakan model 4D. Hasil penilaian dari ahli materi antara lain: aspek pada kualitas isi diperoleh hasil rata-rata dengan besar 80 dimana pada kriteria baik, desain dari multimedia interaktif yang dikembangkan diperoleh rata-rata 85,67 masuk kategori sangat baik, aspek open ended problem diperoleh hasil rata-rata menunjukkan 84,25 dimana masuk kategori yang sangat baik, serta aspek Bahasa dan tampilan multimedia interaktif yang dikembangkan rata-rata 81,77 dimana kategori yang diperoleh sangat baik. Hasil ahli media menunjukkan rata-rata desain multimedia interaktif 86 dimana masuk kategori yang sangat baik, isi multimedia berada pada rata-rata 82,36 dengan kriteria yang sangat baik, pada tampilan menunjukkan 88,56 dimana kriteria sangat menarik, dan rata-rata kemudahan pengoperasian adalah 87 menunjuukkan kriteria yang sangat menarik. Oleh karena itu multimedia interaktif yang telah dikembangkan sudah layak serta siap untuk diujicobakan. Setelah diujicobakan terhadap 10 orang siswa diperoleh data bahwa rata-rata siswa berada dalam kategori sangat baik atau dikatakan tuntas belajar. Secara garis besar maka multimedia interaktif yang mana berbasis macromedia flash menggunakan pendekatan open ended problem pada materi bangun ruang efektif digunakan dalam proses pembelajaran sebagai media.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

prismatika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

PRISMATIKA merupakan jurnal di bawah naungan program studi Pendidikan Matematika IKIP Budi Utomo Malang. Jurnal ini ditujukan bagi dosen, guru, praktisi pendidikan maupun mahasiswa yang hendak mempublikasikan artikel ilmiah terkait matematika murni dan pendidikan matematika. ...