Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2021)

PRAKTIKALITAS MODUL DENGAN MODEL ICARE TERINTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM PADA MATERI ALJABAR

Merlina Merlina (merlinaekput@gmail.com)
Fatrima Santri Syafri (IAIN Bengkulu)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2021

Abstract

Tujuan penelitian R&D ini adalah untuk mengembangkan Modul dengan model ICARE terintegrasi nilai-nilai islam pada materi aljabar yang valid dan praktis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan terhadap bahan ajar yang digunakan sekolah diketahui bahwa bahan ajar yang biasa digunakan guru tidak ada kaitannya dengan nilai keislaman dan belum ada bahan ajar seperti modul. Hasil wawancara dan observasi di MTS Pancasila kota Bengkulu bahwa nilai matematika pada materi aljabar masih rendah dan peserta didik kurang menyukai pembelajaran matematika. Observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan guru matematika di MTS Pancasila Kota Bengkulu kelas VII semester 1 pada saat magang III menujukan perolehan hasil belajar yang dicapai peserta didik pada materi Aljabar masih rendah hal ini dilihat dari hasil ulangan akhir materi aljabar dan peserta didik kurang menyukai mata pelajaran matematika. Dalam pembelajaran matematika guru telah memiliki komponen pendukung pembelajaran yang lengkap, di antaranya adalah bahan ajar buku cetak pegangan guru dan LKS. Pengembangan Modul melalui tahapan model pengembangan dari Plomp yang dimulai dari tahap awal yakni analisis bentuk dan karakteristik perangkat, kemudian tahap pengembangan atau pembuatan prototype berupa merancang, mengevaluasi dan memvalidasi perangkat dan terakhir tahap penilaian. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara, angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modul matematika yang dihasilkan memenuhi kategori praktis.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

equation

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Equation Journal is an open-access journal published by State Islamic University of Bengkulu (IAIN Bengkulu) twice in a year (March and September). This journal publishes original articles from literature studies or research results in the field of mathematics ...