Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 3, No 5 (2021): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif

Kurniawan, Rizki Lely (Unknown)
Nizaruddin, Nizaruddin (Unknown)
Purnomo, Djoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X TKJ A ditinjau dari gaya kognitif Field Independent dan Field Dependent. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dipilih berdasarkan tes GEFT yaitu 2 siswa dengan gaya kognitif Field Independent dan 2 siswa dengan gaya kognitif Field Dependent melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes GEFT, tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu membandingkan data yang diperoleh dari hasil tes pemecahan masalah dengan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes tertulis dan wawancara menyatakan : 1) Siswa dengan gaya kognitif Field Independent mampu memecahkan masalah dengan kategori baik, 2) Siswa dengan gaya kognitif Field Dependent mampu memecahkan masalah dengan kategori cukup.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...