Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesalahan penggunaan ejaan pada laporan PKL siswa SMK Semesta Bumiayu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan studi dokumentasi yaitu menggunakan teknik baca dan catat. Dalam penelitian ini data divalidasi dengan menggunakan metode triangulasi sedangkan teknik analisis penelitian ini menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari, (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya kesalahan ejaan pada laporan PKL siswa SMK Semesta Bumiayu sejumlah 516 kesalahan, meliputi: (1) kesalahan huruf kapital sebanyak 41,86%, (2) kesalahan huruf miring sebanyak 16,08%, (3) kesalahan gabungan kata sebanyak 1,74%, (4) kesalahan kata depan sebanyak 13,37%, (5) kesalahan tanda titik sebanyak 9,10%, (6) kesalahan tanda koma sebanyak 13,75%, (7) kesalahan tanda titik dua sebanyak 3,10% , dan (8) kesalahan tanda hubung sebanyak 1%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021