Prosiding National Conference for Community Service Project
Vol 3 No 1 (2021): The 3rd National Conference of Community Service Project 2021

Implementasi Bimbingan Belajar Pada Siswa Kelas Xi Nongchok Pittaya Nussorn Mattayom School Untuk Menghadapi Ujian Nasional Bahasa Inggris

Theodesia Lady Pratiwi (Universitas Internasional Batam)
Widia Yanelyn (Universitas Internasional Batam)
Pawinee Suksawai (Universitas Internasional Batam)
Nantakarn Tohmi (Universitas Internasional Batam)
Syafira Alhaddad (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2021

Abstract

Sistem pendidikan di Thailand menerapkan ujian nasional yang dikoordinasikan oleh Kantor Ujian Pendidikan Bureu dari Komisi Pendidikan Dasar dengan menggunakan sistem ONET (Ordinary Nastional Education Test). Dari hasil observasi yang telah dilakukan, Nongchok Pittaya Nussorn Mattayom School (Thailand) terpilih menjadi mitra kegiatan penulis dikarenakan persentase hasil Ujian Nasional Bahasa Inggris di Nongchok Pittaya Nussorn Mattayom School dari tahun 2015 - 2019 kurang memuaskan. Setelah dikonsultasikan dengan pihak sekolah, didapatkan kesimpulan tentang penyebab hasil Ujian Nasional Bahasa Inggris mereka rendah, yaitu: 1) Motivasi belajar siswa yang kurang: siswa kurang perhatian saat belajar dan mereka menganggap Bahasa Inggris sebagai bahasa yang terlalu sulit untuk dipelajari; 2) Bahan ajar tidak memadai: materi yang digunakan tidak mencakup semua topik dalam Ujian Nasional; 3) Persiapan siswa untuk menghadapi Ujian Nasional kurang matang. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan melakukan bimbingan belajar serta pemberian pre-test, post-test, dan kuesioner untuk mengukur seberapa jauh efektivitas bimbingan belajar yang diberikan terhadap siswa. Berdasarkan skor pre-test dan post-test diketahui bahwa persentase siswa yang mengalami kenaikan skor yaitu sebesar 55,55%. Selain itu juga terdapat siswa yang tidak mengalami kenaikan skor sebesar 44,45% dan setelah dilakukan wawancara, diketahui bahwa penyebabnya yaitu penguasaan kosa kata dan tata bahasa yang tidak memadai sehingga membuat mereka sulit untuk memahami bacaan dan menjawab pertanyaan. Adapun feedback kuesioner dari siswa menunjukkan bahwa nilai kepuasaan rata-rata berada di tingkat baik, yaitu sebesar 4,06/5,00. Saran untuk kedepannya jika melaksanakan kegiatan bimbingan belajar yaitu diharapkan agar dapat menambah frekuensi pelaksanaan kegiatan. Dengan adanya waktu yang cukup, materi belajar yang disampaikan akan lebih optimal

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nacospro

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro) merupakan wadah bagi para akademisi maupun masyarakat umum dalam mendesiminasikan artikel ilmiah hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat di berbagai bidang pengabdian, terutama kegiatan pengabdian masyarakat yang ...