Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam
Vol 3, No 2 (2021): Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam

STUDY LITERATUR PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Elisa Chalimatus Sa'diyah (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Fitria Wulandari (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode Outdoor learning . Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Systematic Literature Reviews (SLR) Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara mengumpulkan dan mempelajari data-data berbagai jurnal yang relevan. Data-data yang sudah diperoleh, di analisis dan dikaji secara mendalam, sistematis dan kritis yang kemudian diuraikan secara naratif. Berdasarkan Analisis data menunjukkan pada siklus I  ke siklus II terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik sebanyak 34,38 % dari 53,12 % menjadi 87,50%. Rata-rata presentase dari tiap siklus meningkat sebanyak 33,34 %, Pada siklus I rata-rata 55,20% dan siklus II rata-rata 88,54%. Dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada pembelajaran IPA terdapat 3 langkah yang harus dilakukan yaitu langkah persiapan, langkah pelaksanaan, dan langkah tindak lanjut. Berdasarkan langkah –langkah penerapan metode Outdoor learning dapat di simpulkan bahwa metode Outdoor learning dapat meningkatkan hasil belajar kognitif pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

je

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

ElementerIs: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of basic education. Investigated the dynamics of learning of children at the primary level/Madrasah Ibtidaiyah. Besides focusing on the development of studies issues of basic education. The ...