JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI
Vol 8 No 1 (2021)

PENERAPAN METODE INKUIRI MATA PELAJARAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI MA SARJI AR-RASYID

Nurul Ikhwan Nudin (STKIP PGRI Situbondo, Indonesia)
Nursalam Nursalam (STKIP PGRI Situbondo)
Zainul Munawwir (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2021

Abstract

Pembelajaran yang baik dan berkualitas adalah pembelajaran yang menggunakan metode dengan tepat dan mampu berinteraksi disaat pembelajaran berlangsung. Salah satu pembelajaran dimaksud adalah pembelajaran dengan penerapan metode inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah metode inkuiri pada mata pelajaran ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X di MA Sarji Ar-Rasyid Dawuhan tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di MA Sarji Ar-Rasyid Dawuhan Situbondo. Subyek penelitian ini adalah peserta didik dikelas X yang terdiri dari 31 peserta didik. Tindakan dilaksanakan dengan 2 siklus. Untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi, Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model skema spiral dari Hopkins dengan menggunakan empat fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di kelas X MA Sarji Ar-Rasyid. Dan terbukti mampu meningkat hasil belajar sebesar 18,3 dengan rincian peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I 4,4 % dengan 9 peserta didik. Siklus I ke siklus II hasil belajar meningkat 13,9 % dengan 7 peserta didik menjadi 3 peserta didik yang dinyatakan tuntas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

EDUSAINTEK

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal pendidikan sains dan teknologi diterbitkan oleh STKIP PGRI Situbondo sebagai wadah bagi civitas akademika STKIP PGRI Situbondo serta kalangan guru, dosen, peneliti, praktisi dan pemerhati pendidikan yang peduli terhadap perkembangan penelitian tentang Teknologi pembelajaran, Media ...