Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
Vol. 12 No. 2 (2021): September

Rekontruksi Pendidikan Islam Humanis: Tinjauan Pemikiran A. Malik Fadjar dan Abdurrahman Mas’ud

uswatun hasanah (UIN Raden Intan Lampung)
Lailatul Fajriah (UIN Raden Intan Lampung)
Ali Murtadho (UIN Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2021

Abstract

Pendidikan Islam saat ini hanya fokus mencerdaskan aspek akademis dan keterampilan semata, tanpa memperhatikan nilai-nilai kemanusiaan. Hal ini menimbulkan adanya dehumanisasi (penghilang harkat manusia). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji rekonstruksi Pendidikan Islam humanis perspektif A.Malik Fadjar dan Abdurahman Mas’ud. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Library Research atau Penelitian Kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pendidikan Islam dibangun atas misi kemanusiaan tersebut dengan memanusiakan manusia (humanisasi). Dengan itu, pendidikan sangat dekat dengan nilai-nilai kemanusiaan. Pemikiran mengenai pendidikan yang memanusiakan manusia itu lah yang disebut dengan konsep pendidikan humanis. Konsep pendidikan humanis A. Malik fajar berpijak pada tauhid integral. Sedangkan konsep humanisme religius Abdurahman Mas’ud berpijak pada integrasi pilar keagamaan dan pilar kemanusiaan, Pendidikan islam humanis diharapkan dapat mengembalikan Pendidikan Islam pada jiwa asalnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

attanwir

Publisher

Subject

Religion

Description

Fokus 
Fokus jurnal ini adalah upaya mengaktualkan pemahaman yang lebih baik tentang kajian keislaman dan pendidikan , baik lokal maupun internasional melalui publikasi artikel, laporan penelitian, dan ulasan buku. 
Ruang Lingkup 
Berisi kajian-kajian keislaman dan ilmu ...