TASAMUH: Jurnal Studi Islam
Vol 13 No 2 (2021): Tasamuh: Jurnal Studi Islam

Paradigma Keilmuan Dalam Al-Qur’an dan Penerapannya Pada Lembaga Pendidikan Islam Perspektif Kontemporer

Candra Wesnedi (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Ahmad Syukri (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Badarussyamsi Badarussyamsi (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2021

Abstract

Di era kontemporer ini, lembaga pendidikan Islam sebagian besar masih mengikuti platform keilmuan klasik. tradisi itu mengalami kesenjangan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah sangat kuat mempengaruhi peradaban umat manusia. Oleh karena itu, paradigma keilmuan berdasarkan al-Qur'an harus dibangun dengan menjadikan lembaga pendidikan Islam sebagai pilar-pilar yang menyusunnya. Penelitian ini bersumber dari kepustakaan, sedangkan analisis data yang dilakukan, mengingat penelitian ini bersifat kualitatif, maka peneliti akan menggunakan metode analisis interaktif. Hasilnya adalah bahwa paradigma keilmuan ini adalah ilmu dalam konsep sekuler hanya sekedar diorientasikan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan sehari-hari dalam kehidupan seseorang. Namun lain halnya dengan paradigma keilmuan dalam Islam yang selain untuk menyelesaikan persoalan hidup, juga sebagai realisasi ibadah kepada Allah, yaitu tauhid.

Copyrights © 2021