Jurnal Ekonomika
Volume 12, Nomor 01, Januari 2021

PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGINAP DI HOTEL PELANGI SEKAYU

Ellisyah Mindari (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan konsumen menginap, baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menginap di Hotel Pelangi Sekayu. Sampel penelitian ini mempedomani saran Roscoe dalam melakukan analisis regresi ganda, maka jumlah anggota sampel minimal 10 kali dari jumlah variabel, yaitu 10 kali 8 variabel, artinya 80 responden. Metode analisis menggunakan alat analisis dengan bantuan program IBM SPSS Statistic 24.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan bauran pemasaran jasa secara bersama-sama terhadap keputusan konsumen menginap dengan nilai Fhitung (47,862) Ftabel (2,140) dan nilai Sig F (0,000) α (0,05).  Kemudian berdasarkan hasil uji t, tidak ada pengaruh yang signifikan variabel produk jasa terhadap keputusan menginap. Keputusan menginap di Hotel Pelangi Sekayu dipengaruhi secara signifikan oleh variabel tarif jasa, promosi, lokasi, orang, proses dan sarana fisik.Kata kunci: Bauran Pemasaran Jasa dan Keputusan KonsumenThis study aims to analyze the effect of the services marketing mix consumer’s decision to stay, either partially or collectively. The population in this study are consumers at Pelangi Hotel Sekayu. The sample of this research is based on Roscoe's suggestion in conducting multiple regression analysis, so the number of sample members is at least 10 times the number of variables, namely 10 times 8 variables, meaning 80 respondents. The analysis method uses analytical tools with the help of the IBM SPSS Statistic 24 Program. The results conclude that there is a positive and significant effect of the services marketing mix together on consumer decisions to stay with the value of Fcount (47.862) Ftable (2.140) and the Sig F ( 0.000) α (0.05). Then based on the results of the t test, there is no significant effect of service product variables on the decision to stay. The decision to stay at Pelangi Hotel Sekayu is significantly influenced by the variable price, promotion, service location, people, processes, and physical evidence.Keywords: Services Marketing Mix and Consumer Decisions

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ekonomika

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomika (P-ISSN: 2086-3233 dan E-ISSN:2685-2977) merupakan jurnal ekonomi yang diterbitkan secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan bulan Juni oleh Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan. Jurnal ini sebagai media komunikasi ilmiah bagi kalangan akademisi, ...