Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD)
Vol. 9 No. 2 (2021): September 2021

Pengelolaan Pembelajaran Berorientasi Literasi Numerasi di Sekolah Dasar dalam Kegiatan Kurikuler dan Ekstrakurikuler

Wendy Dian patriana (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Murfiah Dewi Wulandari (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sutama (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2021

Abstract

Kompetensi literasi numerasi sebagai prasyarat kecakapan hidup di era 4.0 dikembangkan dengan mengintegrasikan pendidikan dalam keluarga,sekolah, dan masyarakat. Penguasaan literasi numerasi menjadi sangat penting tidak hanya bagi siswa, tetapi juga bagi orang tua dan warga masyarakat. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan kegiatan pembelajaran berorientasi literasi numerasi melalui kegiatan kurikuler di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kota Surakarta dan (2) Mendeskripsikan  kegiatan ekstrakurikuler berorientasi literasi numerasi di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kota Surakarta. Penelitian ini dilakukan melalui tahap: (1) mengidentifikasi masalah dalam pembelajaran literasi numerasi (2) menentukan fokus masalah  yaitu pembelajaran literasi numerasi di Sekolah Dasar  dalam kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler, (3) menetapkan subyek penelitian, (4) menghimpun data penelitian melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, (5) melakukan analisis menggunakan model alir-interaktif, dan (6) membuat simpulan berdasarkan analisis data dan teori yang ada. Subyek penelitian yang ditentukan adalah kepala sekolah, dua guru kelas V, dan dua penanggung jawab ekstrakurikuler cooking class di SD Muhammadiyah Kota Surakarta. Untuk menguji validitas data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan member check. Diperoleh hasil penelitian (1) kegiatan pembelajaran berorientasi literasi numerasi melalui kegiatan kurikuler dilakukan dengan perencanaan (media, bahan belajar,pelaksanaan, dan soal HOTS), pelaksanaan dilakukan secara online dan mandiri, pengendalian melalui kegiatan supervisi dan refleksi. 2) kegiatan ekstrakurikuler yang berorientasi literasi numerasi dilakukan melalui cooking class

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jp2sd

Publisher

Subject

Education

Description

JP2SD (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar) is a journal of Elementary School Teacher Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, University of Muhammadiyah Malang. The scope of its journal is an elementary school, education, innovation of learning, learning methods ...