Manajemen pengelolaan kelas oleh guru merupakan salah satu faktor eksternal yang sangat berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan pembelajaran seorang siswa. Manajemen pengelolaan kelas yang kreatif dan inovatif memiliki peluang untuk memantik dan menumbuhkan rasa kepercayaan diri siswa. Oleh karena itu, terdapat keterkaitan yang erat antara manajemen pengelolaan kelas dengan penumbuhan rasa percaya diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada guru dalam meningkatkan kreativitas dan inovasinya terhadap manajemen pengelolaan kelas, supaya dapat menumbuhkan dan membentuk rasa percaya diri siswa khususnya siswa SD yang merupakan usia emas untuk membentuk kepribadian anak. Melihat begitu pentingnya memiliki rasa kepercayaan diri yang besar untuk bisa tampil di depan umum tanpa gugup yang berlebihan. Hal itu perlu dilatih dan dibiasakan sejak dini, salah satunya melalui manajemen pengelolaan kelas oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu suatu proses analisis data yang dilakukan melalui tahap studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pentingnya peran seorang guru dalam mengelola kelas untuk memantik tumbuh dan berkembangnya rasa kepercayaan diri siswa. Hal itu dapat dilakukan seorang guru sesuai dengan tingkat kreativitas dan inovasi masing-masing guru. Semakin tinggi tingkat kreativitas dan inovasi seorang guru dalam mengelola kelas, maka semakin besar pula peluang dan progres siswa dalam membangun rasa percaya dirinya. Kata Kunci: manajemen, pengelolaan kelas, rasa percaya diri siswa, kreativitas, inovasi.
Copyrights © 2021