Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dalam menyelesaikan soal program linear. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan adalah instumen tes, wawancara dan dokumentasi. Siswa diminta untuk mengerjakan soal tes kemampuan berpikir reflektif matematis siswa (KBRMS), kemudian diwawancarai untuk memperoleh lebih mendalam tentang kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dalam menyelesaikan soal program linear. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, paparan data, tringulasi data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 8 Kota Ternate yang berjumlah 33 subjek, dengan perwakilan subjek pada penelitian adalah S-22 dengan KBRMS kategori tingggi, S-25 dengan KBRMS kategori sedang, dan KBRMS S-13 dengan kategori rendah. Hasil penelitian kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dalam menyelesaikan soal program linear sebagai berikut: 1) sebanyak 2 (6,06%) siswa memenuhi kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dengan dengan kategori tinggi, artinya subjek mampu menghubungkan pengetahuan baru dengan pemahaman terdahulu, mampu menemukan hubungan dan memformulasikan penyelesaian, serta mampu mengevaluasi proses penyelesaian dengan benar walaupun belum lengkap; 2) sebanyak 1 (3,03%) siswa memenuhi kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dengan dengan kategori sedang, artinya subjek mampu menghubungkan pengetahuan baru dengan pemahaman terdahulu dengan benar walaupun belum lengkap, mampu menemukan hubungan dan memformulasikan penyelesaian, serta mampu mengevaluasi proses penyelesaian dengan benar walaupun belum lengkap; dan 3) sebanyak 30 (90,9%) siswa memenuhi kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dengan dengan kategori rendah, artinya subjek mampu menghubungkan pengetahuan baru dengan pemahaman terdahulu serta menemukan hubungan dan memformulasikan penyelesaian dengan benar tetapi tidak lengkap, dan belum mampu mengevaluasi proses penyelesaian. Kata kunci: kemampuan berpikir reflektif matematis, program linear
Copyrights © 2020