Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences
Vol 13 No 2 (2021): Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences - July 2021

Pengaruh Locus Of Control Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik

Resti Septikasari (STKIP Nurul Huda Sukaraja)
Tri Ratna Dewi (STKIP Nurul Huda)
Ahmad Taufiq Yuliantoro (STKIP Nurul Huda)
Sri Enggar Kencana Dewi (STKIP Nurul Huda)
Ratih Purnama Pertiwi (STKIP Nurul Huda)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh locus of control terhadap prestasi belajar. Metode yang digunakan adalah metode survey yang bersifat asosiatif. Hasilnya adalah jumlah skor variabel locus of control yang diperoleh melalui pengumpulan data sebesar 830. Jumlah skor ideal sebesar 924. Locus of control peserta didik yang ditampilkan adalah 830:924= 0,89= 89%. Jadi nilai locus of control peserta didik = 89%. Prestasi belajarnya setelah dihitung dapat ditemukan bahwa nilai rata-rata prestasi belajar yang diperoleh melalui pengumpulan data sebesar 1.626. Jumlah skor ideal sebesar 2.100. Prestasi belajar yang ditampilkan adalah 1.626:2.100= 0,77= 77%. Jadi nilai locus of control peserta didik = 77%. Adapun pengaruh keduanya adalah dengan analisis regresi linier sederhana dengan melihat nilai sig 0.025 < 0.05 yang artinya bahwa ada pengaruh antara locus of control terhadap prestasi belajar di SDN Karang Jadi.

Copyrights © 2021