Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences
Vol 13 No 2 (2021): Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences - July 2021

Studi Literatur: Analisis Penggunaan e-Book dalam Pembelajaran Fisika

Saprudin Saprudin (Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Khairun)
Nurdin Abdul Rahman (Universitas Khairun)
Dewi Amiroh (Universitas Khairun)
Fatma Hamid (Universitas Khairun)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2021

Abstract

Artikel ini menguraikan hasil studi literatur terkait penggunaan e-book dalam pembelajaran fisika. Artikel ini merupakan bagian dari penelitian terkait pengembangan e-book berorientasi keterampilan generik sains dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon guru fisika. Studi literatur yang dilakukan berupa kajian artikel hasil penelitian terkait penggunaan e-book dalam pembelajaran fisika yang dipublikasikan pada jurnal maupun prosiding nasional berbahasa indonesia. Hasil kajian dianalisis secara deskriptif menjadi empat fokus kajian utama yakni: 1) orientasi penggunaan e-book dalam pembelajaran fisika, 2) software yang digunakan untuk merancang e-book fisika, 3) model pembelajaran yang diterapkan dalam desain e-book fisika serta 4) sasaran materi dalam pengembangan e-book fisika. Hasil studi literatur ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan e-book fisika dalam rangka peningkatan efektivitas pembelajaran fisika pada masa mendatang.

Copyrights © 2021