AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 10, No 3 (2021)

STUDI META-ANALISIS: EFEKTIVITAS MODEL PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Yunita Yunita (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dadang Juandi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Aan Hasanah (Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng)
Maximus Tamur (Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2021

Abstract

Abstrak Studi individu tentang efektivitas model project-based learning (PjBL) telah banyak dilakukan dengan hasil yang beragam. Namun sejauhmana karakteristik penelitian berperan dalam variasi hasil studi individu, belum diekplorasi. Sebagai upaya mengisi kekosongan tersebut maka penelitian meta-analysis ini dilakukan untuk menentukan efek keseluruhan model PjBL pada kemampuan berpikir kreatif matematis, dan dilakukan mempertimbangkan peran moderator dalam mengimplemtasikannya lebih lanjut. Pencarian studi dilakukan pada rentang tahun 2014 hingga 2020 pada basis data ERIC, Google Schoolar dan IOP Publishing. Hasil pencarian memberikan dua belas studi yang memenuhi syarat inklusi untuk diekstraksi. Perhitungan menggunakan bantuan software CMA versi. 3.3, dan menggunakan model efek-acak sebagai metode estimasi. Sebagai hasil penelitian, diperoleh ukuran efek keseluruhan studi adalah 1,190 yang menunjukkan bahwa implementasi PjBL berdampak besar terhadap kemampuan  berpikir kreatif matematis siswa. Selain itu, hasil analisis moderator berimplikasi pada implementasi PjBL dimasa depan. Keterbatasan penelitian dibahas sebagai ide dasar untuk penelitian selanjutnya

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...