Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 5, No 6 (2021)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD

Jesica Septiana Situmorang (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Anton Sitepu (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Juliana Juliana (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Patri Janson Silaban (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan di kelas V SD Negeri 067246 Medan tuntungan tahun pembelajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling menggunakan dua kelas dan sampel sebanyak 58 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example termasuk kategori baik sekali dengan rata-rata  80.27.  Pengujian normalitas diperoleh nilai signifikansi hasil belajar adalah Lhitung ˃ Ltabel  yaitu 0.200 < 0.05. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa nilai signifikansi dari hasil belajar berdistribusi normal.Pada pengujian homogenitas, nilai koefisien sebesar 0.904 artinya rhitung ˃ rtabel 0.05. Maka terdapat pengaruh varians data hasil tema 7 homogen. Hasil pengujian uji-t dimana  thitung ˃ ttabel yaitu 2.935 ˃ 1.699 sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...