Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 5, No 6 (2021)

PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X OTKP DI SMKS KRIAN 2 SIDOARJO

Lussy Heavyndah (Universitas Negeri Surabaya, Surabaya)
Durinda Puspasari (Universitas Negeri Surabaya, Surabaya)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis: 1) pengaruh penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar siswa; 2) pengaruh penggunaan e-learning terhadap motivasi belajar siswa; 3) pengaruh penggunaan smartphone dan penggunaan e-learning terhadap motvasi belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan kelas X OTKP di SMKS Krian 2 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan populasi seluruh siswa kelas X OTKP SMKS Krian 2 Sidoarjo yang berjumlah 86 siswa. Sampel yang digunakan non-probability sampling dengan jenis sampel total, dimana jumlah sampel yang digunakan sama dengan jumlah populasi yaitu 86 siswa kelas X OTKP SMKS Krian 2 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan angket. Uji coba instrumen dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas; 2) uji hipotesis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tidak terdapat pengaruh signifikan penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar siswa; 2) terdapat pengaruh signifikan penggunaan  e-learning terhadap motivasi belajar siswa; 3) terdapat pengaruh signifikan penggunaan  smartphone dan penggunaan  e-learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan kelas X OTKP di SMKS Krian 2 Sidoarjo.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...