QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains
Vol 12, No 2 (2021): Oktober 2021

PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI KESETIMBANGAN ION DALAM LARUTAN GARAM

Mona Rezki Aulia (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Leny Leny (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Abdul Hamid (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Riset selesai dilaksanakan mengenai pengaruh pembelajaran daring terhadap keterampilan berpikir kritis menggunakan model Problem Based Learning berbasis etnosains. Riset bertujuan mengetahui (1) perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik, (2) tanggapan terhadap penggunaan Zoom dan Google Classroom dengan model Problem Based Learning berbasis etnosains oleh peserta didik. Eksperimen semu dan nonequivalent control group design merupakan jenis dan desain riset yang digunakan. Analisis inferensial dan deskriptif merupakan teknik yang digunakan. Sampel riset pada masing-masing kelas terdiri dari 36 orang, XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen menggunakan Zoom dan XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol menggunakan Google Classroom. Hasil riset adalah (1) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis yang signifikan, (2) model Problem Based Learning berbasis etnosains menggunakan Zoom mendapat tanggapan sangat baik dari peserta didik dan model Problem Based Learning berbasis etnosains menggunakan Google Classroom mendapat tanggapan baik dari peserta didik. Riset ini dapat disimpulkan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMAN 8 Banjarmasin.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

quantum

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

Quantum is the Journal of Innovation Science Education, published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lambung Mangkurat. The journal is published twice a year in April and October, contains articles in the form of a review, the results ...