IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services
Vol 2, No 2 (2021)

Sosialisasi Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19

Laelia Nurpratiwiningsih (Muhadi Setiabudi University)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Pandemi covid 19 memberikan dampak bagi dunia pendidikan. Dimana terjadinya kegiatan pembelajaran jarak jauh. Dengan adanya pembelajaran ini memberikan pengaruh pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan di rumah. Pembelajaran yang dilakukan di rumah mendapatkan kendala, antara lain;  kurang tersedianya laptop, internet, hp dan kuota yang memadai. Selain itu, kurangnya kontribusi orang tua dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat memberikan pengaruh dalam prestasi belajar yang diperoleh oleh peserta didik. Metode pendekatan sosialisasi yang dilakukan dengan menggunakan ceramah dan tanya jawab. Sasaran dalam kegiatan ini adalah orang tua yang memiliki anak usia sekolah dasar. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran daring yang telah dilakukan oleh peserta menggunakan model 3 yaitu adanya interaksi antara guru, peserta didik dan orang tua. Aplikasi dalam pembelajaran daring yang digunakan adalah whatsaap. Aplikasi ini dianggap paling mudah digunakan dalam berinteraksi dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Sedangkan pembelajaran luring dengan menggunakan aplikasi word telah dilakukan pada kelas tinggi di sekolah dasar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijecs

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Health Professions Public Health Social Sciences

Description

IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services is a journal of the results of community service with a multidisciplinary field of study. Education Agriculture Engineering Health Economic Social humanity and ...