Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS
Vol. 15 No. 2 (2021): OKTOBER

Pengaruh Pembiasaan Literasi, Penggunaan Alat Peraga, Dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas Vi Di Guslah I Lawang Malang

Suharyono (Universitas Kanjuruhan Malang)
Endah Andayani (Universitas Kanjuruhan Malang)
Ninik Indawati (Universitas Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Peningkatan sumber daya manusia merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh suatu negara guna mencapai tujuan pembangunan di era globalisasi sekarang ini yang menuntut adanya sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu cara untuk meningkatkan sumber daya manusia adalah melalui pendidikan. Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam upaya mewujudkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan dan menganalisis pengaruh pembiasaan literasi,penggunaan alat peraga, dan cara belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VI di guslah I lawang malang Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi pada penelitian ini yaitu siswa yang ada di guslah I Kecamatan Lawang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan meningkatnya kesadaran literasi,penggunaan media pembelajaran dan cara belajar yang benar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS adalah open access jurnal, dimaksudkan untuk mendesiminasikan hasil-hasil penelitian dan pemikiran ilmiah sebagai wadah pengembangan konsep, teori, serta aplikasinya yang berkontribusi terhadap pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Indonesia. JPPI terbit dua kali ...