Literasi adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan berbicara. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik agar pengetahuan dapat dikuasai dengan baik. Rendahnya minat baca karena siswa tidak dibiasakan membaca, guru kurang memotivasi dan siswa kurang memanfaatkan fasilitas belajar yang disediakan sekolah. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gerakan literasi terhadap minat baca dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMK Bhakti Luhur Malang yang berjumlah 79 orang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampel. Instrument pengumpulan data adalah angket untuk variable gerakan literasi dan minat baca, sedangkan untuk hasil belajar sejarah menggunakan nilai raport semester 2. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa ada pengaruh signifikan gerakan literasi terhadap minat baca dan hasil belajar. Sekolah perlu membudayakan gerakan literasi untuk menumbuhkembangkan minat baca siswa dan guru perlu memasukkan strategi literasi dalam pembelajarannya. Pengembangan kemampuan literasi di sekolah akan membantu meningkatkan kemampuan belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021