Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2 (2017): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA

PENGEMBANGAN SOAL-SOAL OPEN-ENDED PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)

Rohman, Rohman (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan soal-soal open-ended yang valid dan praktis pada pokok bahasan pecahan, melihat efek potensial soal-soal open-ended  terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan di MI kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research). Subjek penelitian adalah siswa kelas Vb MI Ahliah 2 Palembang sebanyak 27 orang. Pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan tes. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa (1) penelitian ini telah menghasilkan produk soal open-ended pokok bahasan pecahan untuk siswa kelas V MI yang valid dan praktis. Valid tergambar dari hasil penilaian validator, dimana semua validator menyatakan sudah baik berdasarkan isi, konstruk dan bahasa. Selain itu kevalidan soal-soal open-ended ini tergambar setelah dilakukan analisis validasi butir soal pada 25 siswa kelas Va MI. Ahliyah 2 Palembang, Praktis tergambar dari hasil uji coba siswa kelompok kecil dimana sebagian besar siswa dapat menyelesaikan soal-soal open-ended yang diberikan; (2) soal open-ended yang dikembangkan memiliki efek potensial yang positif terhadap hasil belajar siswa, hal ini terlihat dengan munculnya beragam solusi jawaban siswa, dan  rata-rata ketuntasan siswa hasil dua kali tes mencapai  81,5%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpmatematika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika is a double blind peer-reviewed journal which is published by Mathematics Education Study Programme of Teacher Training and Education Faculty of Universitas Muhammadiyah Palembang. This journal publishes current concept and research papers on in the scope of ...