Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa berbasis tahap teori van hiele materi segiempat di SMP Muhammadiyah 1 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research). Pengembangan Lembar Kerja Siswa ini dilakukan mengikuti dua tahapan utama development research yaitu tahap preliminary study (tahap persiapan dan pendesain produk) dan tahap formative evaluation (tahap evaluasi dan tahap revisi). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berlokasi di SMP Muhammadiyah 1 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, walkthrough, dan tes hasil belajar. Berdasarkan tes hasil belajar, 14 siswa (48,27%) termasuk dalam kategori baik sekali, 1 siswa (3,44%) termasuk kategori baik, 12 siswa (41,37%) termasuk dalam kategori cukup, 2 siswa (6,67%) termasuk kategori sangat kurang baik. Sehingga diperoleh rata-rata nilai akhir siswa yaitu 78,1 yang berarti hasil belajar siswa tergolong kategori baik.
Copyrights © 2018