INSPIRATIF JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 5, No 3 (2019): Inspiratif : Jurnal Pendidikan Matematika

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN BERBANTUAN LAS PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X IPA 2 SMA SWASTA RAKSANA MEDAN

Renung . Sijabat (SMA RAKSANA MEDAN)
Tiur Malasari Siregar (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2019

Abstract

This study aims to look at improvements in mathematics students who include knowledge, skills and attitudes through a scientific approach assisted by LAS on trigonometric material in class X IPA 2 Raksana Medan Private High School. This type of research is Classroom Action Research (CAR). The subjects in this study were all students of class X IPA 2 Medan Raksana Private High School totaling 43 people. The research instrument used was observation, test and documentation study then analyzed with descriptive techniques. Learning test results are given in the form of Essay Test. The test was given twice, namely Post test I and Post test II, each with 5 questions. The results showed that the Scientific Learning Approach can improve student learning outcomes listed on Cognitive, Affective and Psychomotor aspects on trigonometry subjects by using five steps, namely: (1) Observing, (2) Asking, (3) Associating, (4) Collecting Information, and (5) Communicate.  Keywords: Scientific Approach, Learning Outcomes, Learning Activities ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan  hasil belajar matematika siswa yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap melalui pendekatan saintifik dengan berbantuan LAS pada materi trigonometri di kelas X-IPA-2 SMA Swasta Raksana Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA 2 SMA Swasta Raksana Medan yang berjumlah 43 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes dan studi dokumentasi kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif. Tes hasil belajar diberikan dalam bentuk Essay Test. Tes diberikan sebanyak dua kali yaitu Post test I dan Post test II, masing-masing sebanyak 5 soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pendekatan Pembelajaran Saintifik dapat meningkatkan Hasil belajar siswa yang tercantum pada aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik pada pokok bahasan trigonometri dengan menggunakan lima langkah yaitu : (1) Mengamati, (2) Menanya, (3)Mengasosiasi, (4) Mengumpulkan Informasi, dan (5) Mengkomunikasikan. Kata Kunci : Approach Scientifik, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

INSPIRATIF Jurnal Pendidikan Matematika berisi artikel tulisan dari hasil penelitian, kajian teoritis atau pemikiran inovatif di bidang pendidikan matematika dan/atau pembelajaran baik di sekolah, perguruan tinggi dan kehidupan ...