Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar
Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar

KEEFEKTIFAN MODEL WRITING WORKSHOP BERBANTUAN AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Hartati, Hartati (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji keefektifan model pembelajaran Writing Workshop berbantuan Media Audio Visual terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V (2) Menguji keefektifan model writing workshop berbantuan media audio visual terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis narasi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sukorejo 02, dan siswa kelas V SDN Karanganyar 02 Kota Semarang. Penentuan sampel digunakan teknik “Randomized Group Assignment”. Hasil penelitian menunjukkan 1) Dengan mengontrol variabel inteligensi dan pengetahuan awal, model pembelajaran Writing Workshop berbantuan Media Audio Visual lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD, dimana F hitung (Fo) = 4,608 dan F probabilitas (Fp) = 0,017.; (2) Dengan mengontrol variabel inteligensi dan pengetahuan awal, model pembelajaran Writing Workshop berbantuan Media Audio Visual lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD, dimana F hitung (Fo) = 6,865 dan F probabilitas (Fp) = 0,003.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

kreatif

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Pendidikan yang diterbitkan secara berkala 6 ...