Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1999,TH.XVIII

KONTEKSDALAMPEMBELAJARANBAHASAINDONESIA MENUJUMASYARAKATGLOBAL*)

Zuchdi, Darmiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

budaya,minidrama,konotasikultural,studiartifak,dan penggunaanungkapansertaceritahumor. secaraluas,(2)situasipembelajaranyangkontekstual,dan sehinggameningkatkanpemahamanialah:(1) pengetahuankebahasaan,(2)pengetahuantentangkonsep- PembelajaranbahasaperiudisesuaikandenganIatar belakangpembelajar,sehinggadapatdikembangkan Katakunci:pembelajaranbahasa,peranankonteks, pembelajaranterpadu,perspektifglobal. penggunaanpenuturasli,rekamanaudiodanvideo, penggunaanbacaandanrealia,.kapsulbudaya,asimilator diidentifikasiolehNostrandapatdimanfaatkanolehguru. Teknikpembelajarannyadapatberbentukceramah, intemasional.Tujuanpembelajaranbudayayangtelah dirumuskanolehSeelyedantema-temabudayayangtelah pemahamanantarbudayadalamprogrampembelajaran bahasasangatlahjelas,baiksecaranasionalmaupunsecara pembelajaranbahasa.Padadewasainikebutuhanakan tanggungjawabyangbesarpadapengembangan (3)hubunganantarketerampilanberbahasayangmaksimal. Pengembanganperspektifglobaldapatdilakukanlewat yanglain(contentbasedinstruction).Tigaprinsipuntuk mencapaiketerpaduanyaitu:(1)keefektifankomunikasi yangbermaknadanmelibatkanpenggunaanbahasadalam tataranwacana,seharusnyadipadukandenganbidangstudi konsep,dan(3)pengetahuantentangstrukturwacana. Supayapembalajaranbahasaterjadidalamkonteks Dalamprosespemahaman,tigamacampengetahuanyang potensialuntukmenggerakkanstrukturkognitifpembelajar apabilapembelajarannyabermakna,yaitumemiliki hubunganyangjelasdenganpengetahuanpembelajar. bentukkeyangterfokuspadamakna.' Belajarbahasadapatefektifdanhasilnyatahanlama, prakomunikatifdankomunikatif,dariprosesberbahasa yangterkontrolkeyangotomatis,dariyangterfokuspada gramdenganpendekatananalitikdaneksperiensial. Praktikpenggunaanbahasaberwujudkegiatan kecakapanberbahasasecarakontekstual.Pengembangan kecakapanberbahasahendaknyaberbentukprogram-pro-

Copyrights © 1999






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...