Indonesian Journal of Counseling and Development
Vol. 2 No. 2 (2020): December 2020

Hubungan Identitas Etnis dan Kesadaran Budaya dengan Kecenderungan Perilaku Sopan Santun pada Siswa Kelas X SMK Mataram Semarang

Dhika Indahsari Kurnia (Universitas Negeri Semarang)
Heru Mugiarso (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Membuktikan tingkat hubungan identitas etnisĀ  (2) Membuktikan tingkat hubungan kesadaran budaya, dan (3) mengetahui gambaran hubungan antara identitas etnis dan kesadaran budaya dengan kecenderungan perilaku sopan santun pada siswa kelas X SMK Mataram Semarang. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif korelasional, dengan jumlah populasi sebanyak 218 siswa dengan jumlah sampel 135 siswa pada kelas X SMK Mataram Semarang, dipilih dengan menggunakan teknik pengumpulan data teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan skala kecenderungan perilaku sopan santun, skala identitas etnis, dan skala kesadaran budaya yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Dalam analisis data pada penelitian ini menggunakan (1) analisis deskriptif untuk mengetahui tingkat identitas etnis, kesadaran budaya dan kecenderungan perilaku sopan santun, (2) analisis regresi linier berganda untuk mengetahui dan membuktikan ada atau tidaknya hubungan antara identitas etnis dan kesadaran budaya dengan kecenderungan perilaku sopan santun pada siswa.Hasil analisis data menunjukkan bahwa identitas etnis dan kesadaran budaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecenderungan perilaku sopan santun dengan perolehan R=0,481 ; R2=0,232 ; F=19,918; dan nilai sig=0,000. Nilai taraf signifikansi sebesar 0,000 (P<0,05) menunjukkan bahwa identitas etnis dan kesadaran budaya berhubungan secara signifikan terhdap kecenderungan perilaku sopan santun.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bkpi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

The aim of this journal is to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the fields of counseling and education in all settings. The scope of this journal encompasses the applications of schools counseling, mental health, assessment, supervision ...