Jurnal Bunga Rampai Usia Emas
Vol 3, No 1: Juni 2017

Pengaruh media audio visual Terhadap Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Bharlind School Medan Tahun Ajaran 2016/2017

Kamtini Kamtini (Unknown)
Bebyanti Trisedya Saragih (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2017

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kedisiplinan anak yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di PAUD Bharlind School Medan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu Posttest-Only Control Group Design.Populasi penelitian ini adalah seluruh kelompok TK B yang ada si Paud Bharlind School yang berjumlah 102 anak.teknik pengambilam sample dilakukan dengan random sampling, yaitu memilih sample dengan cara acak dengan membuat undian.Undian yang dimaksud ialah dengan mengocok 3 gulungan kertas yang berisi tulisan TK B1, TK B 2, TK B 3. Pengambilan pertama terambil kelas B3 pengambilan ke dua kelas B2.Pengambilan pertama dijadikan kelas eksperimen (34 anak) pengambilan ke dua kelas kontrol (34 anak). Berdasarkan hasil penelitian dan pemahasan diketahui bahwa anak kelas eksperimen memiliki nilai terendah 9, nilai tertinggi 16 dan nilai rata-rata 12,29 yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memiliki nilai terendah 8 nilai tertinggi 14, dan nilai rata-rata 10,05. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 5,209 nilai ini dibandingkan dengan ttabel (dk (n1 + n2) – 2 = 66 σ 0.05). harga ttabel dengan nilai N=66 deperoleh 1,680 sehingga diperoleh thitung> ttabel (5,209 > 1,680). Dengan demikian hipotesis Ho ditolak Ha diterima. Hal ini menunjukkan “ada pengaruh yang signifikan dari media audio visual terhadap kedisiplinan anak 5-6 tahun di PAUD Bharlind Medan Tahun Ajaran 2016/2017

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jhp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ruang lingkup Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, yaitu: Penelitian dan/atau gagasan ide serta hasil pengabdian masyarakat di bidang pendidikan anak usia dini, meliputi pengembangan kognitif, fisik motorik, bahasa, nilai agama dan moral, sosial emosional, serta pengembangan seni dan kreativitas, ...