Jurnal Bunga Rampai Usia Emas
Vol 6, No 1: Juni 2020

Upaya Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Bola Basket (Modifikasi) Di TK Putik Harapan Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang

Devi Muliana Sari (Universitas Negeri Medan)
Sariana Marbun (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2021

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah dengan melalui permainan bola basket (modifikasi) dapat mengembangkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Putik Harapan” . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Putik Harapan.Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat komponen yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelas B yang berjumlah 20 orang. Alat pengumpul data yang digunakan penulis adalah lembar observasi. Teknik Analisis data menggunakan rumus Pi=f/n x 100%.Hasil analisis siklus I diperoleh data bahwa sebanyak 10 orang (50%) anak yang tergolong cukup aspek pengembangan motorik anak, 10 orang (50%) anak yang tergolong baik perkembangan motorik anak. Dari data hasil observaasi tersebut sehingga perlui dilakukan pembelajaran melalui metode permainan modifikasi bola basket yang lebih baik pada siklus 2. Dari hasil analisis siklus 2 diperoleh hasil bahwa kemampuan motorik kasar anak meningkat yaitu bahwa jumlah anak yang kemampuan motorik kasar anak tergolong sangat baik motorik kasar anak bertambah menjadi 18 orang (1844.34%), anak yang tergolong baik menjadi 2 orang (155.54%).Dari hasil penelitian  dapat disimpulkan bahwa permainan bola basket (modifikasi)  dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Putik Harapan Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2016/2017

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jhp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ruang lingkup Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, yaitu: Penelitian dan/atau gagasan ide serta hasil pengabdian masyarakat di bidang pendidikan anak usia dini, meliputi pengembangan kognitif, fisik motorik, bahasa, nilai agama dan moral, sosial emosional, serta pengembangan seni dan kreativitas, ...