Pandemi virus corona (Covid – 19) membuat pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sektor makanan olahan perlu menata ulang strategi bisnisnya. Hal ini dikarenakan UMKM sektor makanan olahan mengalami penurunan omzet lebih dari 60%. Kondisi ini dipengaruhi adanya beberapa kebijakan pemerintah dalam memerangi pandemi virus corona diantaranya aturan segala aktivitas dilakukan dirumah, penerapan Social Distancing serta adanya Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB). Resiko terhempasnya UMKM akibat virus corona membuat intervensi pemerintah dengan memberikan stimulus berupa bantuan kredit dalam skala besar kepada UMKM yang terdampak corona. Disisi lain diberikan insentif pajak dan pendampingan digital. Kebijakan perhatian yang besar terhadap UMKM oleh pemerintah sifatnya merupakan Eksternal Suport yang perlu pengendalian secara intensif. Disamping eksternal suport UMKM masih perlu edukasi secara internal akan kesadaran pengelolaan usaha secara professional, salah satunya adalah pentingnya pengelolaan biaya atau manajemen biaya serta strategi pemasaran yang tepat serta relevan dengan jenis dan karakter bisnisnya. Pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan pada edukasi secara internal terhadap para pelaku UMKM yang terdampak covid-19 melalui pendampingan, mengenai pentingnya pengeloaan biaya yang ekonomis, effesien dan effektif serta pemasaran yang tepat sesuai dengan jenis dan karakter bisnisnya. Kata Kunci: Covid 19, Pengelolaan Biaya, Strategi Pemasaran
Copyrights © 2021