Menghadapi ketatnya persaingan dan mengantisipasi risiko usaha jasa keuangan perangkat organisasi Koperasi Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Makarya, Ngijo, Tasikmadu, Karanganyar perlu mendapatkan penyegaran tentang penerapan prinsip perkoperasian dan pembekalan mengenai strategi dan kebijakan pengelolaan koperasi yang sesuai dengan kondisi di lapangan. Tujuan pengabdian kami adalah mentransformasi pemahaman prinsip perkoperasian, penerapan azas kekeluargaan dan meningkatkan profesionalisme dalam pengelolaan Koperasi. Selama ini koperasi belum mendapatkan pendampingan tentang kebijakan akuntansi dan strategi pengembangan usaha. Kegiatan dilaksanakan pada 28 Agustus 2020 dihadiri 26 peserta. Metode pembelajaran dengan ceramah, dan studi kasus. Sebelum penyampaian materi untuk mengukur efektivitas pelaksanaan kegiatan dilakukan pretest dan posttest. Materi pertama oleh Fadjar Harimurti tentang transformasi penerapan prinsip-prinsip koperasi, dan materi kedua oleh Bambang Widarno tentang strategi pengelolaan koperasi menghadapi persaingan usaha, permodalan, pembagian SHU, dan kebijakan akuntansinya. Hasil kegiatan PkM menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman tentang prinsip koperasi dan impelementasi strategi pengembangan usaha simpan pinjam, pembagian SHU dan kebijakan akuntansi sebagaimana disarankan.
Copyrights © 2020