Journal of Technology and Informatics (JoTI)
Vol. 2 No. 2 (2021): Vol.2 No.2 (2021)

Rancang Bangun Automatic Liquid Filling Machine Berbasis IoT (Internet of Things)

ahmad syarif (Universitas Dinamika)
Harianto (Universitas Dinamika)
Ira Puspasari (Universitas Dinamika)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Perkembangan ilmu sains dan teknologi pada pengisi cairan secara otomatis kedalam botol memerlukan mekanik pada sistem untuk membuat sistem tersebut efisien dan berimbas baik pada dunia industri. Membutuhkan mesin dimana dapat melakukan monitoring dan keamanan data dari jauh. Untuk mengatasi masalah tersebut dengan membuat pengisian cairan kedalam botol secara otomatis menggunakan mikrokontroler sebagai sistem utama pada mesin. Membuat mesin dimana sensor dan aktuator untuk mengisi cairan kedalam botol. Untuk dapat membuat pengisian cairan kedalam botol otomatis dan berbasis pada IoT (Internet of Things) untuk monitoring dan keamanan data maka penulis membuat mesin pengisi dengan 100% tingkat keberhasilan dalam mengisi kedalam botol. Kecepatan untuk melakukan pengisian kedua botol 100ml selama 6,8 detik. Rata-rata selisih dari kedua botol 1.3 ml. Rata-rata produksi per menit 10 botol. Waktu untuk sekali proses produksi selama 12 detik. Menggunakan protokol MQTT untuk terkoneksi dengan IoT (Internet of Things) dengan persentase keberhasilan 100%. Waktu rata-rata kecepatan pengiriman data 2 detik. Keamanan data dengan menggunakan aplikasi MQTT Panel memiliki persentase keberhasilan sebesar 100%. Pengisi cairan kedalam botol secara otomatis dapat melakukan monitoring dimana kecepatan pengiriman data lebih cepat dibanding dengan kecepatan sistem produksi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

joti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Mechanical Engineering

Description

1. Teknologi Informasi : Rekayasaperangkat lunak, Pengetahuan data maining, Mobile Computing, Parallel/Distributed Computing, Kecerdasan Buatan, Tata Kelola dan Manajemen Sistem Informasi, User Interface/ User Experience, Process Management, IT Security, IS Adoption and Evaluation. 2. Sistem ...