TRISALA: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA (April 2020)

PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MOBILE LEARNING

Muhamad Nurul Huda (SMP Negeri 6 Salatiga)
Mulyono Mulyono (Universitas Negeri Semarang)
Isnaini Rosyida (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2020

Abstract

Pembelajaran abad 21 dituntut untuk mengembangkan kemampuan 4C, salah satunya creativity. Masyarakat dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat membutuhkan kemampuan berpikir kritis, kolaboratif, komunikatif dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar peserta didik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan mobile learning. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 6 Salatiga yang terdiri dari delapan kelas. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas VIIIA SMP Negeri 6 Salatiga. Data diperoleh dari tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan angket kemandirian belajar peserta didik. Analisis dilakukan dengan uji regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil angket kemandirian belajar peserta didik rata-ratanya 80,82 dan hasil tes Kemampuan Bepikir Kreatif Matematis (KBKM) rata-ratanya 73,39. Keismpulan dari penelitian ini kemandirian belajar peserta didik berbantuan mobile learning pada pembelajaran pembelajaran Creative Problem Solving memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

trisala

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

TRISALA: Jurnal Ilmiah Pendidikan P-ISSN: 2443-2180 & E-ISSN: 2443-2199 merupakan media publikasi ilmiah para peneliti akademis, pendidik, dan masyarakat pemerhati pendidikan untuk mempublikasikan hasil penelitian mereka, saling bertukar ide baru, menyebarkan informasi dalam karya inovatif, juga ...