Pembelajaran biologi harus mengutamakan proses pembelajaran sains, hasil temuan informasi dari mahasiswa PLL bahwa kemampuan siswa dalam pembelajaran sains masih sangat perlu di perhatikan oleh guru, salah satu untuk mengukur kemampuan sains siswa terlebih dahulu guru harus mengasah kemmapuan psikomotorik, namun kenyataannya kemampuan psikomotorik siswa masih tergolong sangat rendah, salah satunya siswa masih kurang mampu mengimplementasikan kreativitas dalam menemukan hasil pengamatan di laboratorium, sehingga kemampuan beliterasi biologi dari hasil penemuannya juga belum bisa dikatorikam mampu. Oleh karena itu tujuan dalam penelitian ini adalah memampukan siswa dalam pengembangan psikomotorik dan kemampuan berliterasi biologi, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptive reasearch reacedengan jenis penelitian study kasus, penelitian dilakukan pada siswa SMPN I Peusangan dengan jumlah sampel 50 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes melalui pengisian LKS. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan soal yang dikembangkan dalam LKS, data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Kata kunci           : Psikomotorik, Literasi Biologi, Laboratorium.
Copyrights © 2017