JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi

KEMAMPUAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF, SIKAP ILMIAH DENGAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL INKUIRI PADA PEMBELAJARAN GENETIKA

Suriani Siregar (Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim)
Rika Aswarita (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terhadap peningkatan kemampuan keterampilan metakognitif, sikap ilmiah dan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran genetika, mengetahui hubungan kemampuan keterampilan metakognitif dan sikap ilmiah dengan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester genap universitas Gunung Leuser Aceh berjumlah 49 mahasiswa. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 24 mahasiswa dan kelas VIB sebagai kelas control dengan jumlah 25 mahasiswa. Metode dalam penelitian ini merupakan metode eksperimen. Data hasil belajar diperoleh menggunakan tes. Data kemampuan keterampilan metakognitif diperoleh dengan angket (kuesioner) dan data sikap ilmiah diperoleh dengan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan statistic dengan uji-t (independen t-test) dan regresi. Berdasarkan hasil analisis data dan hipotesis yang diajukan dapat disimpulkan: (1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran inkuiri tehadap kemampuan keterampilan metakognitif, sikap ilmiah dan hasil belajar pada pembelajaran genetika. (2) Ada hubungan positif antara kemampuan keterampilan metakognitif, Sikap ilmiah dengan hasil belajar pada pembelajaran genetika. Kata kunci: Inkuiri, keterampilan metakognitif, sikap ilmiah, Hasil Belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jesbio

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

JESBIO memuat artikel-artikel yang berupa hasil penelitian dan kajian (review) kritis dan komperhensif dalam bidang pendidikan biologi dan ilmu biologi ...