Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains
Vol 1 No 2 (2021): Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KESULITAN BELAJAR MAHASISWA BARU PADA MASA PEMBELAJARAN DARING

Muhammad Bagas F (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sumatera Utara)
Kurniawan Sinaga (Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Tjut Nyak Dhien)
Amirudin (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tjut Nyak Dhien)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh motivasi belajar terhadap kesulitan belajar pada Mahasiswa Baru. Sebanyak 93 Mahasiswa baru Angkatan 2020 Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Tjut Nyak Dhien Medan. Instrumen yang digunakan adalah skala kesulitan belajar dan skala motivasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi dan uji hipotesis. Hasilnya menunjukkan : 1) berdasarkan uji asumsi data penelitian terbukti secara normalitas, homogenitas dan linieritas; 2) terdapat hubungan positif dan ada pengaruh yang siginifikan Antara Motivasi Belajar Terhadap Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Saat Pembelajaran Daring yaitu sebesar 51,4%. Kata Kunci : Motivasi Belajar; Kesulitan Belajar dan Mahasiswa Baru.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

algebra

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains dikelola dan diterbitkan oleh Tim Riset YANA dibawah Yayasan Amanah Nur Aman. Algebra : jurnal pendidikan, sosial dan sains berdiri sejak tahun 2021 dan terbit 4 edisi setiap tahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan ...