Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Pembelajaran Tema Indahnya Kerbersamaan Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Pembelajaran 1 Siswa Kelas IV SD Negeri 54 Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan merupakan eksperimen murni yang terdapat dua kelas satu kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas lainnya sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dimana disediakan instrumen tes sebanyak 20 soal dan diuji cobakan sehingga mendapat soal-soal valid yang akan dijadikan tes untuk peserta didik dikelas kontrol maupun kelas eksperimen. Teknik analisis data dengan langkah-langkah yaitu: setelah mendapatkan skor peserta didik pada kelas kontrol dan kelas eksperimen lalu langkah selanjutnya mencari, rata-rata, simpangan baku, melakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji rata-rata dua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Pembelajaran Tema Indahnya Kerbersamaan Subtema 2 Keberagaman Budaya Bangsaku Pembelajaran 1 Siswa Kelas IV SD Negeri 54 Lubuklinggau.
Copyrights © 2020