Wahana Didaktika
Vol. 18 No. 3 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA 2 KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN PEMBELAJARAN 1 SISWA KELAS IV SD NEGERI 54 LUBUKLINGGAU

Lestari Lestari (STKIP PGRI Lubuklinggau)
Rudi Erwandi (STKIP PGRI Lubuklinggau)
Tio Gusti Satria (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Pembelajaran Tema Indahnya Kerbersamaan Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Pembelajaran 1 Siswa Kelas IV SD Negeri 54 Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan merupakan eksperimen murni yang terdapat dua kelas satu kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas lainnya sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dimana disediakan instrumen tes sebanyak 20 soal dan diuji cobakan sehingga mendapat soal-soal valid yang akan dijadikan tes untuk peserta didik dikelas kontrol maupun kelas eksperimen. Teknik analisis data dengan langkah-langkah yaitu: setelah mendapatkan skor peserta didik pada kelas kontrol dan kelas eksperimen lalu langkah selanjutnya mencari, rata-rata, simpangan baku, melakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji rata-rata dua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Pembelajaran Tema Indahnya Kerbersamaan Subtema 2 Keberagaman Budaya Bangsaku Pembelajaran 1 Siswa Kelas IV SD Negeri 54 Lubuklinggau.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu ...