Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 1 No. 1 (2021): Januari - Juni 2021

Analisa Berpikir Statistis Siswa Berdasarkan Gaya kognitif Visualizer-Verbalizer untuk Kasus Statistik

Abdul Syukur (SD Negeri 84 Mangarabombang)
Sirajuddin (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Yusra Yunus (SMA Negeri 1 Sinjai)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2021

Abstract

Perbedaan berpikir siswa kemungkinan besar dipengaruhi oleh salah satunya gaya kognitifnya. Selain itu, berpikir statistis merupakan salah satu aspek penting dalam matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir statistis siswa ditinjau berdasarkan gaya kognitif visualizer-verbalizer. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Profil berpikir statistis siswa yang diperlihatkan dalam penelitian ini adalah aktivitas subjek dalam mendeskripsikan sajian data, mengorganisasi dan mereduksi data, merepresentasi data, serta menganalisis dan mengiterpretasikan data. Instrument yang digunakan adalah tes gaya kognitif, tes kemampuan matematika, tes masalah statistik, dan pedoman wawancara. Selanjutnya untuk menguji kredibilitas data, dilakukan triangulasi waktu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...