Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara dikelas VII SMP Negeri 1 Mapilli, diketahui peserta didik sulit mengekspresikan idenya bentuk ujaran secara runtuh pada saat berbicara didepan kelas. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data penelitian ada dua yakni tekhnik tes dan non tes. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII A yang terdiri dari 26 peserta didik. Instrument penelitian yang digunakan pada peneliti yaitu teks, rekaman, pedoman observasi, wawancara. Tekhnis analisis data dalam penelitian ini menggunakan sistem analisis skor/nilai dengan menggunakan kriteria yang telah ditetapkak. Berdasarkan hasil analisis statistik yang telah dilakukan oleh peneliti, maka hasil penelitian menunjukkah bahwa pada siklus I nilai rata-rata keterampilan berbicara fabel melalui model pembelajaran Concept Attainment 58.00. Setelah melakukan proses pembelajaran disiklus II dan memperbaiki kesalahan yang terjadi di siklus I nilai rata-rata peserta didik 83.00. Nilai rata-rata di siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hal ini memberikan kesimpulan bahwa pengguanaan model pembelajaran Concept Attainment dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas VII A SMP Negri 1 Mapilli.Kata Kunci : Berbicara. Model Concept Attainment
Copyrights © 2020