Penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks prosedur pada peserta didik kelas VIIA Smp Negeri 1 Polewali. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Polewali yang berjumlah 30 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar tes, lembar observasi, dan wawancara.Teknik pengumpulan data yaitu yaitu teknik tes, teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Analisis data dengan teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Polewali memperoleh nilai rata-rata 86,8 dengan persentase 93,33% yaitu mampu menulis teks prosedur. Pada aspek isi, berada dalam kategori sangat mampu dengan nilai rata-rata 27,37. Pada aspek struktur, berada pada kategori sangat mampu dengan nilai rata-rata 19.07. Pada aspek kaidah penulisan, berada pada kategori mampu dengan nilai rata-rata 14,37 dan pada aspek ciri kebahasaan, berada dalam kategori mampu dengan nilai 25,23.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 1 Polewali mampu dalam menulis teks prosedur dengan nilai rata-rata 86,8 dan jumlah peserta didik mecapai 75% yang memperoleh nilai 75-100.
Copyrights © 2020